Manusia dalam Gelas Plastik (Kumpulan Cerpen)

4/17/2012



Judul      : Manusia dalam Gelas Plastik (Kumpulan Cerpen)
Penulis   : Fandy Hutari
Penerbit : Indie Book Corner
Terbit     : Februari, 2012
ISBN       : 978-602-9149-86-9
Harga     : Rp 35.000


Dalam kehidupan nyata, tidak semua yang kita alami dan saksikan itu penuh canda tawa dan kebahagiaan. Tidak semuanya indah. Pasti kita pernah melihat atau mengalami sesuatu yang membuat hati tergetar. Ada kisah-kisah manusia yang penuh air mata, kesedihan, kepedihan hidup.

Cerpen-cerpen ini mungkin merupakan beberapa bentuk ekspresi kegalauan saya menyaksikan berbagai ketimpangan hidup yang terjadi sehari-hari. Saya ingin “menyuarakan” jeritan mereka lewat himpitan huruf dan alur cerita. Mungkin sebagian dari kita tidak pernah tersentuh bahkan tidak pernah menyaksikan hal-hal demikian. Bahkan mungkin hati dan akal kita benar-benar buta terhadap realitas, atau buta terhadap objek suprainderawi yang bisa dipahami dengan mata hati. Oleh sebab itu, saya berharap kumpulan cerpen ini bisa menjadi peringatan kita untuk (setidaknya) melihat hal-hal kisah manusia di sekitar kita yang penuh kepedihan hidup. 

Sebagian cerpen di sini berkisah tentang “orang-orang kecil.” Saya suka kisah-kisah “orang kecil”, sebab saya punya misi untuk mengangkat mereka. Mereka terkadang terlupakan, terpinggirkan, dan cenderung diabaikan. Bukan hanyadari kenyataan, bahkan dalam ranah fiksi sekalipun. Kebanyakan kita menganggap air mata dan kesedihan adalah wujud emosional manusia yang paling lemah. Padahal, jika kita lebih objektif lagi, air mata dan kesedihan itu juga perlawanan. Ya, perlawanan minimal manusia yang sudah tidak punya daya melawan dengan amarah.

Saya mengucapkan selamat membaca 13 cerpen dalam buku ini. Selamat menyelami cerita-cerita di dalam buku ini. Bagaimanapun karya seorang penulis , penilaian tetap kembali pada pembaca. Jadi, biarlah Anda menilainya. Semoga karya sederhana saya ini bisa menghibur, menambah inspirasi, dan menggugat kita untuk melihat hal-hal di sekitar kita yang tak selamanya indah.

Bandung/Jakarta,  Agustus 2011.

Buku ini bisa dipesan lewat inbox ke Facebook Indie Book Corner  (https://www.facebook.com/profile.php?id=100001209955607). 

Baca Juga

0 comments